Penulis : Gamma Aditya Rahardi

Salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Elektro pada bulan April yaitu Sosialisasi Penulisan Ilmiah. Sosialisai Penulisan Ilmiah ini dilakukan pada hari Minggu, 5 April 2019. Bertempat di ruang 25 gedung B, Fakultas Teknik Universitas Jember dengan mengusung tema “Kiat – Kiat Berprestasi”. Dengan pemateri hari itu Malikul Fanani, mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2015 yang sudah cukup berpengalaman di bidang karya tulis ilmiah. Malikul merupakan mahasiswa yang cukup aktif dalam bidang karya tulis ilmiah, hampir disetiap keikutsertaannya pada ajang karya tulis ilmiah berhasil mendapatkan gelar juara. Yang terakhir, ia berhasil menyabet silver award pada ajang International Invention & Innovative Competition 2019 di Malaysia.

Pada pukul 08.30 WIB, peserta sosialisasi sudah mulai datang. Mereka melakukan registrasi terlebih dahulu di depan ruangan untuk dilakukan pendataan. Peserta sosialisasi ini pun tidak ditarik biaya sedikit pun alias gratis. Diharapkan dengan digratiskannya acara ini maka akan semakin tinggi minat mahasiswa teknik elektro untuk menyusun karya tulis ilmiah. Karya tulis ilmiah yang sudah dibuat nantinya diharapkan dapat diikutsertakan pada lomba – lomba karya tulis ilmiah yang banyak diadakan baik didalam kampus UNEJ sendiri maupun lomba diluar kampus. Manfaat yang didapatkan nantinya juga mahasiswa semakin terbiasa dengan penyusunan karya tulis serta dapat meningkatkan akreditasi dari jurusan Teknik Elektro itu sendiri.

Peserta yang datang pada pagi itu cukup antusias dengan acara tersebut terbukti dengan jumlah peserta yang cukup banyak, serta keaktifan diskusi pada saat acara berlangsung. Rata – rata peserta yang datang adalah dari mahasiswa angkatan termuda di teknik elektro yaitu angkatan 2018. Tetapi juga terdapat peserta dari angkatan – angkatan diatas itu yang juga datang untuk dapat memperoleh ilmu mengenai karya tulis ilmiah. Materi yang disampaikan oleh pemateri cukup bisa diterima oleh peserta sosialisasi karena penyampaian yang cukup jelas dari pemateri sehingga memudahkan peserta untuk menangkap ilmu – ilmu yang diberikan.

Acara tersebut selesai pada pukul 12.30 WIB. Dengan berakhirnya acara tersebut diharapkan mahasiswa teknik elektro semakin memiliki minat pada bidang penulisan karya tulis ilmiah serta dapat menyusun karya tulis tersebut dengan baik sesuai materi yang sudah diberikan oleh pemateri, sehingga teknik elektro semakin maju dibidang penulisan karya tulis ilmiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *