Penulis : Gamma Aditya Rahardi

 

Berdirinya Program Studi S1 Teknik Elektro Universitas Jember tidak lepas dari sejarah Fakultas Teknik Universitas Jember. Fakultas Teknik Universitas Jember pada awalnya adalah sebuah Program Studi setara Fakultas yang disebut Program Studi Teknik. Dalam Program Studi Teknik tersebut telah berdiri tiga program studi. Ketig program studi ini pendiriannya disahkankan berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 366/DIKTI/Kep/1999tertanggal 26 juli 1999. Namun pada saat itu hanya terdapat Program Studi jenjang Diploma III (D3), yaitu Teknik Elektronika, Teknik Mesin dan Teknik Sipil, yang masing-masing dikelola oleh Jurusan Teknik Elektro, Teknik Mesin dan Teknik Sipil.

Pada tahun 2002 Program Studi Teknik membuka tiga Program StudiS1, yaitu Teknik Elektro, Teknik Mesin dan Teknik Sipil. Pembukaan tersebut berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdiknas No.1990/D.5/2002 tanggal 20 September 2002. Sehingga mulai saat itulah Program Studi S1 Teknik Elektrobersama dengan dua program studi S1 lain berdiri dan mulai menerima mahasiswa. Mulai saat itu, Jurusan Teknik Elektro mengelola dua program studi, yaitu Program Studi D3 Teknik Elektronika dan Program Studi S1 Teknik Elektro.

Seiring dengan perkembangan, dikeluarkanlah SK Rektor Universitas Jember No. 10438/H.25/PS.8/2007 tanggal 13 November 2007,yang menyatakan bahwa Program Studi Teknik berubah status menjadi Fakultas Teknik. Perkembangan selanjutnya, pada tahun 2017 Jurusan Teknik Elektro mendirikan Program Magister S2 Teknik Elektro. Sehingga mulai tahun 2017, Program Studi S1 Teknik Elektro merupakan salah satu dari tiga program studi yang dikelola Jurusan Teknik Elektro. Pada awal tahun 2019, jika dilihat dari Fakultas, maka Program Studi S1 Teknik Elektro merupakan salah satu dari 16 program studi, dan jika dilihat dari Universitas, maka Program Studi S1 Teknik Elektro merupakan satu dari 102 program studi di Universitas Jember.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *