TENTANG KAMI
TENTANG KAMI
PROGRAM STUDI S1 TEKNIK ELEKTRO

SEJARAH SINGKAT

Berdirinya Program Studi S1 Teknik Elektro Universitas Jember tidak lepas dari sejarah Fakultas Teknik Universitas Jember. Fakultas Teknik Universitas Jember pada awalnya adalah sebuah Program Studi setara Fakultas yang disebut Program Studi Teknik. Dalam Program Studi Teknik tersebut telah berdiri tiga program studi. Ketig program studi ini pendiriannya disahkankan berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 366/DIKTI/Kep/1999tertanggal 26 juli 1999. Namun pada saat itu hanya terdapat Program Studi jenjang Diploma III (D3), yaitu Teknik Elektronika, Teknik Mesin dan Teknik Sipil, yang masing-masing dikelola oleh Jurusan Teknik Elektro, Teknik Mesin dan Teknik Sipil.

Pada tahun 2002 Program Studi Teknik membuka tiga Program StudiS1, yaitu Teknik Elektro, Teknik Mesin dan Teknik Sipil. Pembukaan tersebut berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdiknas No.1990/D.5/2002 tanggal 20 September 2002. Sehingga mulai saat itulah Program Studi S1 Teknik Elektrobersama dengan dua program studi S1 lain berdiri dan mulai menerima mahasiswa. Mulai saat itu, Jurusan Teknik Elektro mengelola dua program studi, yaitu Program Studi D3 Teknik Elektronika dan Program Studi S1 Teknik Elektro.

Seiring dengan perkembangan, dikeluarkanlah SK Rektor Universitas Jember No. 10438/H.25/PS.8/2007 tanggal 13 November 2007,yang menyatakan bahwa Program Studi Teknik berubah status menjadi Fakultas Teknik. Perkembangan selanjutnya, pada tahun 2017 Jurusan Teknik Elektro mendirikan Program Magister S2 Teknik Elektro. Sehingga mulai tahun 2017, Program Studi S1 Teknik Elektro merupakan salah satu dari tiga program studi yang dikelola Jurusan Teknik Elektro. Pada awal tahun 2019, jika dilihat dari Fakultas, maka Program Studi S1 Teknik Elektro merupakan salah satu dari 16 program studi, dan jika dilihat dari Universitas, maka Program Studi S1 Teknik Elektro merupakan satu dari 102 program studi di Universitas Jember.

VISI, MISI DAN TUJUAN

VISI

Visi Program Studi S-1 Teknik Elektro adalah:

Menjadi Program Studi S1 Teknik Elektro yang unggul dalam pengembangan Teknologi Elektro yang berwawasan lingkungan

Unggul yang dimaksudkan, adalah bahwa Program Studi Teknik Elektro memiliki sejumlah kelebihan, diantaranya:

  1. memiliki muatan pembelajaran yang sudah mengacu pada standar internasional.
  2. memiliki capaian pembelajaran pengetahuan dan ketrampilan khusus yang sama dengan learning outcome sejumlah program studi di luar negeri.
  3. menggunakan pembelajaran berbasis teknologi informasi, yang memungkinkan interaksi dosen-mahasiswa lebih intensif sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran.
  4. memiliki luaran penelitian dan pengabdian masyarakat yang dapat terpublikasikan dalam tingkat internasional bereputasi dan memiliki hak kekayaan intelektual.

Sedangkan yang dimaksud dengan pengembangan Teknik Elektro yang berwawasan lingkungan dalam visi adalah bahwa

  1. Ilmu pengetahuan teknologi dan seni terkait bidang elektro yang dikembangkan dimulai dengan dipergunakan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di lingkungan sekitar.
  2. Ilmu pengetahuan teknologi dan seni terkait bidang elektro yang dikembangkan diupayakan tetap menjaga kearifan lokal dan kelestratian lingkungan hidup.

 

MISI

Misi dari program studi S1 Teknik Elektro adalah.

  1. Menyelenggarakan pembelajaran secara professional dengan kurikulum yang relevan dan kegiatan pembelajaran yang inovatif.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian yang berkontribusi besar kepada masyarakat.
  3. Melaksanakan kerjasama saling menguntungkan dengan semua fihak terkait dengan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

 

TUJUAN

Terkait dengan misi tersebut, maka Program Studi S1 Teknik Elektro mempunyai tujuan sebagai berikut :

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan kompetitif.
  2. Menghasilkan penelitian yang unggul, berwawasan lingkungan serta memiliki luaran yang bereputasi serta memiliki hak kekayaan intelektual.
  3. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang implementatif (teknologi tepat guna), berwawasan lingkungan serta memiliki luaran yang bereputasi serta memiliki hak kekayaan intelektual.
  4. Melaksanakan kerjasama untuk meningkatkan mutu dan cakupan kegiatan tri dharma perguruan tinggi.