Penulis : Gamma Aditya Rahardi

Sebagai Ketua Program Studi S1 Teknik Elektro Universitas Jember,  Dr. Widjonarko, S.T., M.T. menyatakan bahwa uji kompetensi jurusan Teknik Elektro Universitas Jember bersama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Elektronika Surabaya dilatar belakangi oleh peningkatan kualitas dan daya saing mahasiswa dalam dunia kerja. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh mahasiswa jurusan Teknik Elektro adalah kompetensi dalam skema pemasangan perangkat kontrol industri berbasis PLC. Sehingga diperlukan sertifikasi kompetensi yang telah diakui negara dimana nantinya dapat menunjang mahasiswa yang bersangkutan bersaing dalam dunia kerja.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari secara berurutan pada hari Selasa 15 Oktober 2019 sampai dengan kamis 17 Oktober 2019 bertempat di Auditorium Fakultas Teknik Universitas Jember. Jumlah mahasiswa yang mengikuti sertifikasi ini adalah 100 orang dan dihadiri oleh 5 orang Assesor LSP Elektronika Surabaya. Kegiatan ini terdiri dari tiga tahap, yaitu ujian tertulis, lisan dan praktek.dimana tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mengetahui kompetensi mahasiswa dalam bidang pemasangan perangkat kontrol industri berbasis PLC. Uji Kompetensi ini menargetkan 80% mahasiswa memiliki kemampuan mengatur perangkat-perangkat kontrol industri, mampu mengoperasikan PLC dan mampu memasang instalasi PLC.

Diharapkan, dengan adanya program ini, semakin banyak uji kompetensi sertifikasi yang akan dilakukan oleh mahasiswa Teknik Elektro Universitas Jember sehingga dapat digunakan sebagai modal dalam bersaing mencari pekerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *