Penulis : Gamma Aditya Rahardi

Pengabdian masyarakat merupakan merupakan salah satu kegiatan wujud dari rasa kemanusiaan antara sesama manusia. Pengabdian Masyarakat merupakan suatu kegiatan dimana dengan adanya kegiatan ini kita dapat merapatkan kekerabatan, komunikasi dan gotong royong. Pengabdian Masyarakat diadakan dengan tujuan – tujuan tertentu.

Kegiatan ini merupakan program kerja Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) 2019 yang memiliki tujuan untuk mewujudkan rasa peduli terhadap sesama, rasa saling menolong, rasa saling peduli mahasiswa kepada masyarakat luas yang sedang membutuhkan dan sebagai sarana pengabdian keprofesian ilmu yang telah didapatkan mahasiswa Teknik Elektro Universitas Jember, khususnya mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2018.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari 1 malam yaitu pada tanggal 2-3 Maret 2019 di Dusun Curah Manis Desa Sidomulyo Petak 16A Penyulingan Kecamatan Silo, Kabupaten Jember. Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.00 WIB  dengan melakukan briefing dan registrasi  yang bertempat di Laboratorium Fakultas Teknik Univeristas Jember, Patrang. Kemudian dilanjutkan pengecekan perlengkapan dan perjalanan ke lokasi sekitar pukul 09.30 WIB. Perjalanan ke lokasi memakan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 2 jam, sehingga ketika tiba di lokasi yaitu pukul 11.30 WIB. Setelah tiba di lokasi dilakukan pendirian 2 buah tenda dan membersihkan lingkungan warga. Kemudian dilanjutkan dengan sholat dhuhur dan makan bersama. Kemudian setelah itu dilakukan brifing mengenai pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU).


Setalah itu dilanjutkan istirahat di tenda masing-masing dikarenakan kondisi lapangan yang tidak memungkinkan untuk dilakukan pemasangan PJU yang disebabkan oleh hujan yang deras. Setelah hujan sudah mulai reda sekitar pukul 16.00 dilakukan pemasangan PJU di tiga lokasi yang berjarak sekitar 5 meter di sekitar pemukiman warga. Kegiatan ini dilakukan selama 2 jam yang terdiri dari 2 tahapan, yaitu pemasangan dan pengecoran.

Setelah pemasangan PJU sudah selesai, dilanjutkan dengan sholat maghrib dan makan malam bersama. Setelah itu dilakukan sharing-sharing dan keakraban antara mahasiswa teknik elektro angkatan 2018 dan perwakilan angkatan lainnya yang ikut dalam kegiatan ini. Setelah itu dilanjutkan dengan penutupan acara pengabdian masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *