Penulis : Gamma Aditya Rahardi

Pelatihan PLC merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh komunitas sistem kendali jurusan teknik elektro dibawah naungan Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Jember, pelatihan ini merupaka wadah bagi mahasiswa Teknik elektro serta mahasiswa yang ingin tahu dan belajar dalam bidang keindustrian, yang mana mempelajari tentang logika, waktu, urutan, pencacahan dan operasi aritmatik untuk mengontrol mesin atau proses – proses melalui modul – modul I/O analog maupun digital.

Pelatihan PLC ini diselenggarakan pada tanggal 27 – 28 April 2019 tepatnya pada hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 15.00. acara ini dilaksanakan di Laboratorium Sistem Kendali yang tepatnya berada di daerah Patrang. Dalam kegiatan ini materi yang disampaikan mengenai seluk beluk PLC serta tidak lupa penerapannya pada sebuah software ZELIO. Kemudian pada hari keduanya penerapannya dengan praktik menggunakan simulasi conveyor secara langsung.

Pelatihan PLC ini diadakan guna memberikan wawasan mengenai proses berjalannya suatu proses industry, pengenalan alat industry serta sistem kerja suatu industry dengan menggunakan PLC. Selain itu pelatihan ini berguna sebagai bekal mahasiswa untuk terjun d dunia industri.

PLC sendiri secara umum memiliki fungsi yakni sebagai berikut:

  1. Sekuensial Control, yaitu menjaga agar setiap step atau langkah dalam proses berada pada urutan yang tepat. serta
  2. Monitoring Plant, PLC dapat memonitor keadaan suatu sistem secara real time sehingga dapat mengambil tindakan yang diperlukan atau mengirim pesan ke operator ketika timbul konsisi yang tidak diinginkan

Dari fungsi umum PLC tersebut dapat dilihat bahwa PLC memang sejak awal dirancang untuk memenuhi kebutuhan automasi pada proses industri. Jadi, PLC merupakan piliham terbaik dalam automasi proses industri.

Pelatihan ini berjalan dengan lancar dan target yang memuaskan. Peserta juga paham ketika mereka menerapkan langsung dengan conveyor di hari kedua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *