Penulis : Gamma Aditya Rahardi

Pelatihan Bahasa Pemrograman dan Desain Website ini merupakan Acara tahunan dari Komunitas ITcom yang dibawah naungan Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Jember, acara ini diselenggarakan pada tanggal 16 Juni 2019, yang bertempat di Ruang 21 Gedung B Fakultas Teknik Universitas Jember, pada pelatihan ini pematerinya yakni Bili darmanto berasal dari Prodi Teknik Mesin angkatan 14 yang mana mempelajari basic pemrograman html hingga membuat desain website secara individu yang mana nantinya diharapkan output dari pelatihan ini yakni mahasiswa mampu membuat dan mengaplikasikan bahasa pemrograman dalam kehidupanya sebagai mahasiswa.

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan kedalam format ASCII normal sehingga menjadi home page dengan perintah-perintah HTML.

Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-Lee Robert ketika mereka bekerja di CERN (lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa) pada tahun 1989. Perancangan web (web design) adalah istilah umum yang digunakan untuk mencakup bagaimana isi webkonten ditampilkan, (biasanya berupa hypertext atau hypermedia) yang dikirimkan ke pengguna akhir melalui World Wide Web, dengan menggunakan sebuah browser web atau perangkat lunak berbasisweb. Docker adalah platform perangkat lunak yang memungkinkan Anda membuat, menguji, dan menyebarkan aplikasi dengan cepat. Docker mengemas perangkat lunak ke dalam unit standar yang disebut kontainer yang memiliki semua yang diperlukan perangkat lunak agar dapat berfungsi termasuk pustaka, alat sistem, kode, dan waktu proses.

Dengan menggunakan Docker, Anda dapat dengan cepat menerapkan dan mengembangkan skala aplikasi ke lingkungan apa pun dan yakin bahwa kode Anda akan berjalan.Pada pelatihan kali ini menggunakan docker sebagai pembelajaranya, dan membuat aplikasi dengan menggunakan domain pribadi dan mengubah website yang telah dibuatnya menjadi aplikasi, karena semakin berkembangnya jaman, bahasa pemrograman merupakan kebutuhan untuk penunjang soft skill dari seseorang tersebut. Pada acara kali ini diikuti 38 Peserta yang terbagi dalam 2 shift pagi dan siang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *